Bismillah, Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.
Halooo Pembelajar Visioner! Gimana kabar kamu, ayah, mama, kakak, dan adik? Semoga sehat-sehat ya :)
Pembahasan KD 4
3.4
Menganalisis kata kunci SEO On Page
4.4 Membuat kata kunci SEO On Page
SEO (Search Engine Optimization)
Pengertian
SEO
Serangkaian Proses yang dilakukan
secara sistematis untuk meningkatkan jumlah kunjungan melalui mesin pencari
menuju website dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari
Pengertian
SERP (Search Engine Result Page)
Halaman yang berisi hasil pencarian
dari suatu kata kunci pada mesin pencari. Hasil pencarian biasanya berupa
daftar website (dokumen terkait) hasil pencarian yang berisi 10 besar hasil pencarian
dalam halaman 1 yang telah diperingkat oleh mesing pencari
Seperti contoh pada gambar ini
Hasil Pencarian Kata "Bisnis Online"
Sejarah
SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah Seo
pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang di
posting di Usenet. Pada masa itu , algoritma mesin pencari belum terlalu
kompleks sehingga mudah dimanipulasi. Versi awal algoritma pencarian didasarkan
sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui metatag pada
kode html situs web.
Pada tahun 1998, Larry Page dan Sergey
Brin, dua orang mahasiswa doktoral ilmu komputer Stanford University mendirikan
google yang merupakan mesin pencari yang banyak digunakan sampai saat ini.
Mesin
Pencari (Search Engine)
Program komputer yang dirancang untuk
melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp,
publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer yang
melayani dalam suatu jaringan. Search engine merupakan pernagkat pencari
informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia.
Google, MSN, Yahoo, Ask, Bing, Gigablast
Tujuan
SEO
-
Meningkatkan
posisi situs web
-
Meningkatkan
volume trafik kunjungan
-
Meningkatkan
kualitas trafik kunjungan
-
Mempertahankan
kedua jenis trafik diatas
Keuntungan
SEO
-
Menjadi juara di
SERP dan menjadi webstie yang Friendly
-
Meningkatkan jumlah
pengunjung dan laba
-
Meningkatkan
visibilitas
- Meningkatan
efektivitas dan efisiensi biaya pemasaran
Jenis
– Jenis SEO
- > Optimisasi Halaman (SEO On Page)
SEO
On Page adalah teknik mengoptimalkan website atau blog agar disukai atau pada
posisi teratas oleh mesin pencari. Disebut on page karena yang dioptimalkan
adalah website itu sendiri, bukan dengan cara dari luar website seperti mencari
backlink atau memasukan artikel ke social bookmark. Mesin pencari akan mencari
halaman halaman yang paling cocok dengan istilah pencarian yang dimasukkan
pengguna.
- > Optimisasi Luar-Situs (SEO Off Page)
SEO
Off Page adalah Optimasi Blog/Web yang dilakukan di luar blog/web. Teknik ini
digunakan dengan cara Ping, submit ke webmaster, sumbit ke sosbok, dan mencari
backlink di blog/web lain. Backlink, juga dikenal sebagai link masuk, inbound
link, inlink, dan link balik (atau tautan-balik), adalah link (atau tautan)
yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web.
Cara
SEO Bekerja
1. Crawling
Proses Googleboot mencari halaman
halaman baru atau yang diupdate untuk ditambahkan ke dalam indeks google
2. Indexing
Proses pembuatan indeks untuk semua
halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari
3. Processing
Ketik mesin pencarian menerima request
dari user sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “cara kerja seo” pada
mesin pencari, maka mesin pencari melakukan proses pencarian
4. Calculating
Relevancy
Mesin pencari melakukan proses dengan
menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata
kunci yang diterima
5. Retrieving Result
Mengambil hasil yang sangat relevan
dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya, lalu menampilkan ke dalam
daftar hasil mesin pencari
Jenis-jenis
Kata Kunci dalam SEO
- Kata Kunci Pendek
Contoh:
“Bisnis online”, “Kaligrafi”
- Kata Kunci
Panjang
Contoh:
“Materi Bisnis online”. “Toko buku online”
- Kata Kunci
Branded
“Toko
online Glodok”, “Toko buku Eureka”
- Kata Kunci Produk
Contoh:
“Jasa Bisnis Online”, “Web hosting termurah”
- Kata Kunci Masalah
“Wajah
berminyak”
- Kata Kunci Lokasi
“Rental
mobil di Bandung”
Strategi
Membuat SEO
- Usahakan
Blog/Website Sudah Terindeks di Mesin Pencari
- Tentukan Keyword
- Gunakanlah
Template Blog/Web yang SEO Friendly
- Gunakan
Label/Kategori dengan Baik
- Tambahkan Related
Post/Internal Link
- Permudah
Pengunjung untuk Share di Jejaring Sosial

Komentar
Posting Komentar