Langsung ke konten utama

KD 3.4 Menganalisis Kata Kunci SEO On Page

 Bismillah, Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Halooo Pembelajar Visioner! Gimana kabar kamu, ayah, mama, kakak, dan adik? Semoga sehat-sehat ya :)


Pembahasan KD 4

3.4 Menganalisis kata kunci SEO On Page

4.4 Membuat kata kunci SEO On Page


SEO (Search Engine Optimization)


Pengertian SEO

Serangkaian Proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan jumlah kunjungan melalui mesin pencari menuju website dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari

 

Pengertian SERP (Search Engine Result Page)

Halaman yang berisi hasil pencarian dari suatu kata kunci pada mesin pencari. Hasil pencarian biasanya berupa daftar website (dokumen terkait) hasil pencarian yang berisi 10 besar hasil pencarian dalam halaman 1 yang telah diperingkat oleh mesing pencari

Seperti contoh pada gambar ini

Hasil Pencarian Kata "Bisnis Online"



 

Sejarah SEO

Menurut Danny Sullivan, istilah Seo pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang di posting di Usenet. Pada masa itu , algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi. Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui metatag pada kode html situs web.

Pada tahun 1998, Larry Page dan Sergey Brin, dua orang mahasiswa doktoral ilmu komputer Stanford University mendirikan google yang merupakan mesin pencari yang banyak digunakan sampai saat ini.

 

Mesin Pencari (Search Engine)

Program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer yang melayani dalam suatu jaringan. Search engine merupakan pernagkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia.

Google, MSN, Yahoo, Ask, Bing, Gigablast

 

Tujuan SEO

-          Meningkatkan posisi situs web

-          Meningkatkan volume trafik kunjungan

-          Meningkatkan kualitas trafik kunjungan

-          Mempertahankan kedua jenis trafik diatas

 

Keuntungan SEO

-          Menjadi juara di SERP dan menjadi webstie yang Friendly

-          Meningkatkan jumlah pengunjung dan laba

-          Meningkatkan visibilitas

-         Meningkatan efektivitas dan efisiensi biaya pemasaran

 

Jenis – Jenis SEO

-        > Optimisasi Halaman (SEO On Page)

SEO On Page adalah teknik mengoptimalkan website atau blog agar disukai atau pada posisi teratas oleh mesin pencari. Disebut on page karena yang dioptimalkan adalah website itu sendiri, bukan dengan cara dari luar website seperti mencari backlink atau memasukan artikel ke social bookmark. Mesin pencari akan mencari halaman halaman yang paling cocok dengan istilah pencarian yang dimasukkan pengguna.

-        > Optimisasi Luar-Situs (SEO Off Page)

SEO Off Page adalah Optimasi Blog/Web yang dilakukan di luar blog/web. Teknik ini digunakan dengan cara Ping, submit ke webmaster, sumbit ke sosbok, dan mencari backlink di blog/web lain. Backlink, juga dikenal sebagai link masuk, inbound link, inlink, dan link balik (atau tautan-balik), adalah link (atau tautan) yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web.

 

Cara SEO Bekerja

1.     Crawling

Proses Googleboot mencari halaman halaman baru atau yang diupdate untuk ditambahkan ke dalam indeks google

2.     Indexing

Proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari

3.     Processing

Ketik mesin pencarian menerima request dari user sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “cara kerja seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari melakukan proses pencarian

4.     Calculating Relevancy

Mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima

5.      Retrieving Result

Mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya, lalu menampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencari

 

 

Jenis-jenis Kata Kunci dalam SEO

-          Kata Kunci Pendek

Contoh: “Bisnis online”, “Kaligrafi”

-          Kata Kunci Panjang

Contoh: “Materi Bisnis online”. “Toko buku online”

-          Kata Kunci Branded

“Toko online Glodok”, “Toko buku Eureka”

-             Kata Kunci Produk

Contoh: “Jasa Bisnis Online”, “Web hosting termurah”

-             Kata Kunci Masalah

“Wajah berminyak”

-             Kata Kunci Lokasi

“Rental mobil di Bandung”

 

Strategi Membuat SEO

-          Usahakan Blog/Website Sudah Terindeks di Mesin Pencari

-          Tentukan Keyword

-          Gunakanlah Template Blog/Web yang SEO Friendly

-          Gunakan Label/Kategori dengan Baik

-          Tambahkan Related Post/Internal Link

-          Permudah Pengunjung untuk Share di Jejaring Sosial


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Blog Untuk Bisnis

  SITUS PENJUALAN  "AYUNAN ANAK BERKUALITAS" Contact us : 08783283823 Instagram @by.aisaa https://www.instagram.com/invites/contact/?i=1fje6sl7qffp0&utm_content=g7wr7r6                         Menggunakan Bahan katun mikro halus dan lembut. Kasur dibuat dengan empuk dan nyaman untuk bayi. 1 set terdiri: •Ayunan •Kelambu •Tilam/Kasur (isi dakron) •Bantal •(Tidak termasuk tiang ayunan Bisa PO dan Request motif. Yuk diorder!

KD 3.5 Menerapkan SEO Off Page

Bismillah, Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh. Halooo Pembelajar Visioner!  Kali ini kita bahas materi baru ya, yang gak jauh berbeda dari materi sebelumnya :) Pembahasan KD 5 3.5 Menerapkan SEO Off Page 4.5 Mempraktikkan  SEO Off Page Penerapan SEO On-Page dan SEO Off-Page   Search Engine Optimization (SEO) dapat dilakukan perusahaan ataupun pebisnis perorangan setiap kali mempublikasikan artikel. Publikasi artikel yang tidak memperhatikan SEO tidak akan berhasil mengarahkan pengunjung ke website yang anda inginkan. Ada 2 cara optimasi yang sering dilakukan oleh webmaster, yaitu:   1. Penerapan On Page SEO Adalah Teknik mengoptimasikan halaman website dengan cara aplikasi key word yang ditarget ke dalamnya. Keuntungan dari On Page SEO ini adalah situs anda akan lebih dinilai relevan oleh mesin pencari (search engine)   Berikut ini dasar yang harus diterapkan dalam On Page SEO   a. Title tag Title tag itu seperti judul pada su...