Bismillah, Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.
Halooo Pembelajar Visioner!
Kali ini kita bahas materi baru ya, yang gak jauh berbeda dari materi sebelumnya :)
Pembahasan KD 5
3.5
Menerapkan SEO Off Page
4.5
Mempraktikkan SEO Off Page
Penerapan SEO On-Page dan SEO Off-Page
Search Engine Optimization (SEO) dapat dilakukan perusahaan ataupun
pebisnis perorangan setiap kali mempublikasikan artikel. Publikasi artikel yang
tidak memperhatikan SEO tidak akan berhasil mengarahkan pengunjung ke website
yang anda inginkan.
Ada 2 cara optimasi yang sering dilakukan oleh webmaster, yaitu:
1.
Penerapan On Page SEO
Adalah Teknik mengoptimasikan halaman website dengan cara aplikasi key
word yang ditarget ke dalamnya. Keuntungan dari On Page SEO ini adalah situs
anda akan lebih dinilai relevan oleh mesin pencari (search engine)
Berikut
ini dasar yang harus diterapkan dalam On Page SEO
a. Title tag
Title tag itu seperti judul pada suatu artikel yang singkat dan jelas
serta mengarahkan pengunjung. Title tag dibaca oleh crawler search engine. Jika
title tag tidak diganti atau menyerupai judul-judul artikel, yang muncul pada
search engine sebagai title tag adalah postingan tersebut.
b. Meta description
adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan kalimat artikel hasil
publikasi. Berbeda-beda pada setiap artikel karena masing-masing artikel
memiliki topik sendiri.
c. Uniform Resource Locator (URL)
adalah rangkaian karakter menurut format standar tertentu, yang digunakan
untuk menunjukkan alamat suatu sumber, seperti dokumen dan gambar di internet.
Pada hasil pencarian juga akan ditampilkan UR blog anda
d. Heading (h1, h2, h3, h4)
adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah
dokumen html. Heading berbeda dengan tag <title>. Html menyediakan enam
tingkatan heading; heading level 1 (< h1>) adalah yang terbesar, biasa
berada di judul posting, dan heading level 6 (< h6 >) adalah yang
terkecil.
e. Image & Image Alt Tag
Setiap kali menaruh gambar atau mengunggah gambar pada artikel, jangan
lupa menyisipkan kata kunci pada gambar. Pemberian kunci pada gambar akan
menambah kualitas artikel Ketika pengunjung menggunakan mesin pencari dalam
posisi mencari gambar.
f. Link to Site Authority
adalah sebuah artikel yang didalamnya terdapat tautan/link menuju
situs-situs yang dipercayai Google, seperti Youtube, Wikipedia, Facebook, dsb.
2.
Penerapan Off Page SEO
Off Page SEO bekerja dari luar blog sendiri untuk mendukung On Page SEO yang
bekerja dari dalam blog. Proses optimalisasi halaman blog dari luar blog dengan
cara mendapatkan tautan menuju blog pengguna dikenal dengan istilah Off Page
SEO.
Berikut beberapa cara penerapan Off Page SEO agar blog atau situs bisa
meningkat posisinya di hasil pencarian mesin pencari.
a. Media Sosial
Cara memasarkan web menggunakan media sosial adalah dengan membuat
aplikasi-aplikasi yang telah difasilitasi oleh media sosial, seperti fanpage
pada media sosial Facebook. Fanpage facebook adalah sebuah halaman khusus
seperti blog yang menyediakan informasi beragam sesuai dengan keinginan
pemiliknya. Baik dari perusahaan, Pendidikan, layanan dsb. Fanpage dibuat
menggunakan kata kunci yang diketahui masyarakat pada umumnya. Contoh;
kunjungan sosro.
b. Membuat Artikel Berkualitas
Artikel berkualitas adalah artikel yang mengandung judul, konten, gambar,
dan videonya mengandung kata kunci.
c. Blog Walking
adalah kegiatan memasarkan web dan blog dengan cara membuka atau melihat
blog orang lain yang memiliki cerul (niche)/topik blog hampir sama (niche
sama), kemudian menuliskan komentar pada form komentar yang telah disediakan
oleh pemiliknya
d. Pemasaran melalui Forum Online
1. Ikuti forum online terkait dengan situs dan aktif dalam komunitas forum online tersebut
2. Aktif membalas dan menjawab pertanyaan yang muncul akan membantu membangun citra kita
sebagai ahli dalam bidang tertentu
Contoh: Kaskus, detik forum, indowebster dll.
e. Search Engine
Submission
Agar mesin
pencari segera mengenali dan mendeteksi website atau blog, masukkan website ke
layanan “search engine submission” yang dimiliki oleh mesin pencari.
f. Directory
Submission
Yaitu dengan
memasukkan website ke layanan pihak ke tiga, seperti “freewebsubmission.com”.
g. Berbagi Foto
Yaitu melalui
sosial media berbagi gambar dan video, seperti Instagram.
i. Pemasaran
Video
Bisa dilakukan
dengan menggunakan Youtube dengan mengunggah produk atau layanan yang bisa
dinikmati konsumen melalui video. Judul unggahan video perlu mengandung kata
kunci yang sering ditulis konsumen saat mencari informasi.
Komentar
Posting Komentar